Kamis, 01 Desember 2016

Tips Trik Bikin Paspor Online

Paspor saya masih habis masa berlakunya sebenarnya masih tahun depan dan juga masih lebih dari 7 bulan secara teori masih aman untuk di gunakan, Tapi karena saya perlu mengurus visa dan segala macam maka saya putuskan bulan November ini untuk memperpanjangnya.

Membaca dan mendengar berita dari kawan mengenai horrornya antrean paspor versi walk in alias offline, bahkan para pemohon paspor ini sudah mengantri sejak jam 4 pagi! Gile lu ndro! Saya memutuskan untuk mencoba memperpanjang paspor secara online.

Tips 1: Pastikan Internetmu mempunyai kecepatan tinggi dan stabil







Setelah membuka web imigrasi Indonesia dan klik Layanan Paspor Online tapi kok malah error yang muncul, coba ganti browser, tetep ERROR!

!@#$%%^&*

Error di Mozilla Firefox

Error di Google Chrome
Karena pesan error inilah maka banyak pemohon online jadi putus asa dan kembali ke jalur offline.
Bagaimana dengan saya? ulik-ulik dikit ketemu juga cara untuk lanjut online.

Trik untuk mengatasi error paspor online di Mozilla Firefox


KLIK Tombol Advanced kemudian KLIK Add Exception






KLIK Confirm Security Exception, SELESAI

Trik untuk mengatasi error paspor online di Google Chrome

KLIK tulisan ADVANCED

KLIK tulisan Proceed to ipass.imigrasi.go.id (unsafe) , SELSAI



Jika Langkah-langkah di atas di ikuti dan sukses maka akan tampil halaman seperti di bawah

Tampilan halaman depan web paspor online

KLIK Pra Permohonan Personal dan ikuti langkah-langkahnya yang cukup mudah.

Setelah selesai maka mengisi maka kita akan di kirim surat pengantar untuk membayar ke bank. Karena setelah menunggu beberapa saat tidak ada email yang masuk maka saya kemudian kembali lagi ke halaman awal dan KLIK menu Kirim Ulang Email Pra Permohonan Personal. Jika muncul error, ulangi lagi langkah mengatasi error seperti di contohkan di atas.


KLIK kirim ulang dan gak pake lama email untuk membayar ke bank langsung masuk, lampiran yang ada di email tersebut perlu untuk di cetak dan di bawa ke bank. Meskipun tajuknya online untuk pembayaran masih offline.

Setelah pembayaran dan menerima nomor NTPN klik link yang ada di email untuk melakukan konfirmasi dan memilih tanggal kedatangan. Setelah semua beres maka akan ada email dari Imigrasi yang juga perlu kita cetak untuk di bawa ke kantor imigrasi di hari yang telah kita pilih sebelumnya.

Catatan: Jika kasusnya seperti saya, masih lebih dari 6 bulan dan halaman masih ada, maka siapkan juga materai 6 ribu untuk di tempel di surat pernyataan yang nanti di tulis tangan. Dan untuk perpanjangan paspor pada saat mengambil paspor siapkan juga materai 6 ribu untuk mengambil paspor lama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar