Senin, 19 Desember 2016

Begini Cara Gratis Akses Lounges Bandara di Luar Negeri

Notes: artikel ini pernah saya posting di kompasiana 25 November 2015 saya posting ulang dengan beberapa update.

Menunggu di Bandara boleh jadi akan jadi aktivitas yang membosankan bagi kebanyakan travelers, apalagi jika mesti transit lama di bandara mati gaya pastinya.

Untuk masalah tidur gratis di bandara mungkin gampang di lakukan, cukup cari snooze lounge seperti yang terdapat di bandara Changi Singapura atau Hamad Doha Qatar atau langsung cari kursi atau karpet yang dapat di pake rebahan. Minum gratis? beberapa bandara sudah menyediakan tap water yang dapat di glek langsung.


Nah bagaimana dengan akses lounge di bandara dengan GRATIS? Untuk bandara domestik Indonesia jika kamu punya kartu kredit dari bank tertentu maka akan dengan mudah memperoleh akses gratis ini, bagaimana dengan lounges di bandara luar negeri?

Menjadi anggota dari jaringan lounges adalah jawabannya. Sepengetahuan saya ada 2 Jaringan Lounges di dunia, Priority Pass (PP) dan Veloce Lounges (VL).

Sebelum melanjutkan perlu saya beritahu bahwa untuk mendapat akses GRATIS lounges di luar negeri kamu perlu mempunyai kartu kredit dari bank tertentu, jika kamu merupakan salah satu orang yang anti kartu kredit silakan stop membaca sampai di sini.

Veloce Lounge

VL sendiri sampai saat ini tidak menjual keanggotaannya, jadi satu-satunya cara untuk menjadi anggota kamu perlu menjadi anggota / nasabah dari rekan bisnis VL terlebih dahulu, untuk Indonesia VL bekerjasama dengan bank ANZ.

Jadi kamu perlu mempunyai kartu kredit ANZ Visa Signature untuk dapat menjadi anggota VL dan memperoleh akses GRATIS ke lounges anggota VL, UNLIMITED !

Poin minus dari VL adalah lounges bandara yang menjadi jaringan mereka masih sedikit. Saya sendiri belum mempunyai keanggotaan VL jadi belum dapat banyak yang saya ceritakan.

Update: saat ini ANZ sudah tidak lagi bekerjasama dengan Veloce Lounge dan sebagai gantinya bekerjasama dengan Dragon Pass.

Priority Pass

PP merupakan jaringan lounges yang terbesar, ada 850 lounges bandara yang menjadi anggotanya tersebar di 400 kota di 40 negara.

Berbeda dengan VL, biaya keanggotaan tahunan untuk PP mulai dari 99 USD per TAHUN dan kamu mesti NAMBAH 27 USD per kunjungan per orang (notes: silakan di rupiah in sendiri..)
Tapi jangan sedih untuk dapat keanggotaan GRATIS dari Priority Pass ada juga caranya,
Bagaimana Caranya?
  1. Jika kamu merupakan pemilik dari kartu kredit Citibank Premier Miles kamu boleh GRATIS 1 x masuk dan bawa 1 orang teman ke dalam lounges dengan masa berlaku keanggotaan PP kamu 1 Jan - 31 Des.
  2. Jika kamu merupakan pemilik dari Kartu Kredit Citibank Ultima, kamu boleh GRATIS masuk lounge dan bawa 1 orang teman ke dalam lounges UNLIMITED dengan masa berlaku keanggotaan PP kamu 1 Jan - 31 Des.
  3. Jika kamu merupakan pemilik dari Kartu Kredit HSBC Visa Signature kamu boleh GRATIS 1 x masuk ke dalam lounges dengan masa berlaku keanggotaan PP kamu sesuai dengan masa berlaku tahunan kartu kredit kamu.
  4. Jika kamu merupakan pemilik dari Kartu Kredit Standard Chartered World Miles kamu boleh GRATIS 1 x masuk ke dalam lounges dengan masa berlaku keanggotaan PP kamu sesuai dengan masa berlaku tahunan kartu kredit kamu.

Jadi kalo kamu punya salah satu kartu kredit di atas silakan langsung request untuk keanggotaan Priority Pass, dan satu orang boleh punya beberapa keanggotaan PP, saya sendiri punya dua kartu keanggotaan PP. Untuk sampai ke rumah / kantor kamu kartu PP memerlukan waktu 2 minggu sampai 2 bulan setelah kamu request.

Cara Pakai Kartu Ini?

Saya sempet nyobain pake kartu PP ini di KLIA 2, saya coba di Plaza Premium Lounge @ getaway KLIA 2 pas kemaren maen ke Malaysia (Tiket Ke Malaysia sendiri saya beli di TravelersSake, Instagram mereka: @travelerssake, dengan harga 500 ribuan PP dengan maskapai AirAsia). Tarif lounge ini sendiri mulai 38 USD untuk penggunaan selama 2 jam.

Saya cukup tunjukkin kartu Priority Pass yg kemudian di colok sama resepsionisnya ke sebuah mesin semacam edc, gak perlu tunjukin kartu kredit, paspor apalagi boarding pass (mungkin karena posisi lounge ini ada di sebelum imigrasi). Setelah keluar struknya maka saya boleh akses lounges ini selama 3 jam GRATIS. Saya sempet makan, minum, dan mandi di sini.

Update: Saya menggunakan lagi PP untuk akses lounge di bandara Don Mueang Bangkok, dan mereka meminta saya untuk menunjukkan boarding passs yang sesuai dengan nama di kartu PP.

Dragon Pass

Dragon Pass merupakan jaringan lounge dari China yang saat ini sudah mempunyai jaringan 850 lounges di seluruh airport di dunia. Biaya keanggotaannya mulai dari USD 89 dan biaya tambahan untuk akses lounges sebesar USD 27.

Di Indonesia Dragon Pass bekerjasama dengan ANZ. Saya sendiri belum memiliki kartu ini jadi belum banyak yang dapat saya ceritakan.

JCB

Penerbit kartu kredit dari Jepang ini saat ini cukup banyak bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia, antara lain BNI, CIMB. Lounges yang dapat di akses di bandara Singapura, Hong Kong dan Jepang.

PS: sebaiknya kartu Priority Pass, Veloce Lounges dan Dragon Pass ini hanya di gunakan untuk akses lounges di bandara luar negeri, untuk menikmati GRATIS akses lounges bandara Indonesia cukup dengan kartu kredit.




2 komentar:

  1. Mas, itu kartu PPnya kan udh dipake di KLIA, dan cuma gratis setahun sekali. Trus pas dipake di Don Mueang masih gratis jg? Kebetulan atau gmn tuh?

    BalasHapus