Senin, 19 Desember 2016

Ini Caranya Terbang (Hampir) Gratis dengan Semua Maskapai

Notes: tulisan ini pernah saya posting di Kompasiana tanggal 04 Februari 2016
Salah satu cara untuk terbang dengan (hampir) GRATIS  adalah dengan menggunakan cara menukar (redeem) miles maskapai.

Setiap maskapai biasanya mempunyai program frequent flyer (miles) mereka sendiri, dalam tulisan ini saya akan membahas program miles yang populer di Indonesia.

1. BIG Air Asia

Merupakan program frequent flyer dari maskapai low cost carrier Air Asia. Untuk mendaftar program ini juga gratis, silakan langsung ke web mereka di airasia.com.

Air Asia sendiri di tahun 2016 ini promo redeem miles regular mereka setiap bulan di adakan setiap senin pertama. Cara penukaran miles ini juga gampang dapat di lakukan secara online. Untuk tahun ini sudah tidak dapat lagi transfer miles antar anggota BIG dan terdapat kenaikan penukaran dari minimum 500 poin untuk penerbangan pergi pulang menjadi 1000 poin.

2. Garuda Miles (GM)

Merupakan program frequent flyer dari maskapai Garuda Indonesia. Daftar di program ini juga gratis. Selain dapat di tukar dengan penerbangan Garuda Indonesia dapat juga di tukar dengan maskapai lain yang tergabung dengan Aliansi SkyTeam. Penukaran dapat di lakukan dengan menelpon ke kontak center mereka atau via online. GM mempunyai rate penukaran yang cukup mahal, jadi hanya tukar jika ada promo diskon 25-50%, promo ini biasanya di adakan di pameran Travel yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

3. Krisflyer (KF)

Merupakan program frequent flyer dari maskapai Singapore Airlines. Daftar di program ini juga gratis. Selain dapat di tukar dengan penerbangan Singapore Airlines dapat juga di tukar dengan penerbangan maskapai Silk Air dan maskapai lain yang tergabung dengan Aliansi Star Alliance. Penukaran dapat di lakukan dengan online, mendapat diskon 15%, atau dengan menghubungi contact center mereka di Singapura. KF mempunyai tax dan surcharge yang lumayan mahal, promosi mereka di adakan tergantung event yang sedang berangsung.

4. Asia Miles (AM)

Merupakan program frequent flyer dari maskapai Cathay Pacific. Daftar di program ini juga gratis. Selain dapat di tukar dengan penerbangan Cathay Pacific dapat juga di tukar dengan maskapai lain yang tergabung dengan Aliansi One World. Penukaran dapat di lakukan dengan online atau dengan menghubungi contact center mereka di Hong Kong. AM sering mengadakan promo untuk penukaran poin, dan poin juga dapat di tukar dengan penginapan bahkan nonton konser gratis.

Setelah daftar di program tersebut bagaimana caranya TERBANG (hampir) GRATIS?

1. Kumpulkan point

Ini dapat dari terbang  dengan maskapai tersebut, kartu kredit yang bekerjasama, belanja di toko yang bekerja sama serta promo-promo lain yang di adakan oleh program miles yang anda ikuti.

2. Tukar point anda secara online / melalui kantor mereka

Setelah terkumpul point yang mencukupi tukar point anda dengan penerbangan yang anda inginkan.

3. Nikmati terbang (hampir) GRATIS

Anda hanya perlu membayar pajak bandara dan fuel surcharge.

Frequent Flyer manakah yang menjadi favorit mu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar