Selasa, 11 April 2017

Tiket First Class Khilaf dari Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Pengalaman Komplit

22 Desember 2016 Siang


“Bro Garuda ada diskon nih 90% tukar poin” japri teman saya melalui facebook messenger. Awalnya saya kurang tertarik dengan japri-an teman saya ini karena stok garuda miles masih kosong bahkan saya sendiri belum punya akun garuda miles. Ya Garuda miles memang masih menjadi pilihan terakhir saya untuk berkarir ngumpulin miles.

Kemudian kabar ini menyebar di Whatsapp grup traveling dan kartu kredit yang saya ikuti, ternyata ini memang promo resmi dari Garuda Indonesia. Gila juga ini Garuda berani kasih diskon sampai 90% biasanya paling banyak hanya 50% pas event Garuda Travel Fair. Teman saya di grup kartu kredit bahkan sudah ada yang issued banyak kursi first dan business Class.

22 Desember 2016 Sore

Karena lagi selow dan santai kayak di pantai akhirnya saya meng iyakan ajakan dua teman saya untuk pergi ke Garuda ticketing office untuk sekedar tanya rute serta biaya miles dan airport tax yang perlu di bayarkan. Teman saya yang satu karena sudah cukup milesnya langsung issued sore itu juga, sedangkan saya masih mengkalkulasi berapa miles yang di butuhkan. Ticketing office yang saya kunjungi juga sepi pengunjung bahkan para staff kantor sibuk encourage orang untuk ambil promo 90% ini. Kalo yang tidak punya miles sebenarnya Garuda juga melayani pembelian dengan rate 1000 miles di jual Rp 275 ribu atau Rp 275 per miles.

22 Desember 2016 Malam

Dengan pertimbangan matang dan bahwa promo gila ini tidak bakalan ada dua kali, sesampai rumah saya langsung buat akun garuda miles dan telpon ke Danamon untuk mengkonversi poin saya. Danamon world mempunyai konversi ke Garuda miles 1:12

23 Desember 2016 Sore

Saya berangkat lagi ke Ticketing Office bareng teman saya, rencana awal juga hanya untuk tanya rute yang masih available. Dan pada sore itu saya baru tahu ternyata Garuda membolehkan kita booking dulu, miles dan duid airport tax boleh bayar belakangan. Tenggat waktu pembayaran antara seminggu sampai sebulan dari saat kita booking. Akhirnya saya booking rute Denpasar – Narita first class di tanggal saat saya ulang tahun dan pulangnya Haneda – Jakarta dengan bisnis class di tanggal yang masih tersedia. Kemudia rute Jogja Denpasar di H-1 keberangkatan dengan kelas ekonomi, karena hanya kelas ini yang tersedia. Dan untungnya untuk rute Jakarta – Jogja masih tersedia di kelas bisnis. Saya pilih rute ke Jepang ini walaupun sudah pernah karena yang masih reasonable di kantong untuk tax dan surcharge serta visa yang tergolong gampang untuk saya apply.

Garuda sendiri mensyaratkan untuk 1 kode booking dengan first class, penerbangan sebelum / sesudahnya harus minimal business class. Karena rute saya Jogja Denpasar di kelas ekonomi maka di split walaupun masih dalam 1 kode booking yang sama. Time limit untuk pembayaran miles tiket saya adalah 23 January 2017.

Saat saya mau booking pada sore itu hanya tersedia maksimal satu kursi yang dapat di tukar, padahal pagi harinya teman saya masih dapat booking 2 kursi.

Kami berdua nongkrongin kantor garuda sampai kantornya tutup, dan kami lanjutkan ke kantor garuda di bandara yang masih buka. Pelayanan di kantor bandara ini sangat tidak ramah, berbeda 180 derajat dengan kantor di ticketing office. Di sini akhirnya Cuma ngeprint bookingan.

23 Desember 2016 tengah malam

Promo tukar 90% ini di tutup mendadak, dugaan saya rugi bandar kecolongan banyak! Penutupan secara tiba-tiba ini juga menimbulkan kehebohan di blog-blog yang banyak mengulas miles, terutama dari luar negeri dan banjir mention ke twitter Garuda Indonesia. 

Mungkin Garuda dapat meniru strategi Air Asia yang promo free seat nya sering sudah habis di awal periode tapi tidak pernah memberikan pengumuman untuk menutup promo secara mendadak.

Sebagai catatan karena di tutup mendadak ada teman saya yang booking beberapa kursi jam 2 pagi via call centre masih lolos. Tapi akhirnya bookingan teman saya ini di cancel di sisain satu kursi saja.

27 Desember 2016 Siang

Miles dari Danamon sudah masuk, langsung saya berangkat ke Garuda ticketing office untuk issued tiket. Time limit memang 23 Januari 2017 tapi maksimal issued tetap 31 Desember 2016. Sebagai catatan sebagai anggota baru Garuda miles,poin dari Danamon masih dapat tambahan bonus 1000 miles dari Garuda Miles.

Ada yang aneh dari proses issued ini, yaitu mesti ngisi formulir dan miles tidak otomatis terpotong. Miles saya sendiri terpotong pada tanggal 23 Januari 2017. Dan anehnya lagi garuda menambahkan dulu sebanyak miles full 100% baru di potong sesuai yang di tukar. Sistem tukar seperti ini menurut saya sangat kuno tidak mencerminkan sebagai maskapai bintang lima. Bahkan Air Asia yang notabene low cost carrier saja mempunyai system tukar poin, normal atau diskon, yang jauh lebih baik di banding Garuda.

Total miles:  17,500
Total Biaya: Rp. 1,766,100

Saya bayar dengan HSBC visa signature yang memberi 4x rewards point dan periode jatuh tempo nya pada saat itu paling lama di banding kartu kredit saya yang lain.

Kesimpulan

Jika ada promo gila semacam ini, apalagi dari maskapai full service, segera take action

Kalau Garuda mengulangi khilafnya segera booking rute yang di inginkan / di impikan dengan kabin premium! Prinsip tukar poin: MINIMAL kabin kelas bisnis! Apalagi Garuda boleh booking dulu bayar miles dan duid belakangan.

Ada kamu juga dapat kursi garuda dari promo ini? Rute kemana?

7 komentar:

  1. Jd dpt tiket promonya harga brp kak? Yg first class hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 9000 miles kak
      normal 90rb miles
      tax dan surcharge gak tau saya karena bayar sekaligus semua penerbangan yang saya ambil

      Hapus
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
      syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






      Hapus
  2. Kalau boleh tahu komunitas untuk Info Promo Miles seperti ini dimna yah? apakah ada Group WA , Line, Google Plus dan sebagianya. Saya tertarik untuk ikut dalam komunitas tersebut. Apakah ada informasi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kaskus ada thread all about miles dan thread diskusi kartu kredit kak

      Hapus
  3. aha.. mantap kak.. saya redeem eco x3 tiket supaya bs boyong nyokap n istri. mgkn next time akan ikut kakak book minimal biz class.. gila belajar banyak dr thread kakak..

    makasi ya kak..keep posting.

    lg bercita cita cobain first class dengan style kk .. :)
    doakan ya kak semoga berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Untuk redeem garudamiles paling baik pas ada diskon redemption, biasa pas travel fair, terdekat di awal April 2018

      Hapus