Selasa, 23 Januari 2018

Cara Termurah Naik Suite Class Singapore Airlines Terbaru


Penampakan kabin suite class terbaru dari Singapore Airlines A380
Kabin kelas bisnis terbaru dari Singapore Airlines A380

Suite class merupakan penamaan kabin yang di berikan oleh Singapore Airlines untuk first class mereka di badan pesawat A380.  Saya sendiri pernah mencoba suite class Singapore Airlines versi lama pada saat trip first class for the first time, dan cukup terkesan dengan hard product nya. Akhir tahun lalu Singapore Airlines memperbarui tampilan kabin pesawat A380 mereka dan pertama kali di gunakan untuk rute komersial Singapore – Sydney PP (SQ221/SQ232) yang penerbangan perdananya di lakukan pada tanggal 18 Desember 2017.

Double bed di kabin suite class terbaru dari Singapore Airlines A380
Double bed di kabin kelas bisnis terbaru dari Singapore Airlines A380
Selain rute tersebut pada pertengahan mulai tanggal Februari 2018 Singapore Airlines mulai menugaskan A380 dengan kabin baru untuk rute Singapore – London PP dan Singapore – Hong Kong PP. Dari ketiga rute tersebut, Singapore – Hong Kong merupakan rute termurah jika kamu ingin mencoba kabin terbaru A380 Singapore Airlines, kabin terbaru hanya terbang di hari Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu dengan nomor penerbangan dari Singapore SQ860, SQ856 (mulai 8 April) sedangkan dari Hong Kong bernomor SQ863, SQ861 (mulai 8 April).

Seberapa murah? Untuk suite class terbaru di semua rute tidak terdapat saver awards, jikalau ada statusnya adalah waitlist dan pesan mepet hari keberangkatan. 

Saver awards yang masih waitlist untk SQ221 Singapore - Sydney
Contohnya adalah rute Singapore – Sydney SQ221, saya iseng cek untuk saver award waitlist terjauh ada di tanggal 28 Januari 2018, atau 5 hari dari postingan ini tayang. Cocok jika mempunyai visa multiple Australia.
Singapore - Hongkong suite class standard award
Jakarta-Singapore-Hong Kong suite class standard award
Untuk Singapore – Hong Kong sekali jalan standard award membutuhkan 70,000 miles dan tax Sgd 34 sedangkan jika Jakarta – Singapore - Hong Kong milesnya sama,  tapi biaya lain-lain turun menjadi Rp 210,800. Kelemahan dari rute Singapore – Hongkong adalah tidak di sediakan amenities kit dan piyama.

Untuk kelas bisnis, rute Singapore – Hongkong saver awards sekali jalan membutuhkan 27,500 miles dan tax Sgd 34, sedangkan rute Jakarta – Singapore – Hong Kong tax turun menjadi Rp 210,800

Jakarta - Singapore - Hong Kong kelas bisnis saver award
Pengalaman yang di dapat hampir mirip untuk rute jarak pendek, menengah maupun jarak jauh di kelas bisnis Singapore Airlines karena sama-sama tidak disediakan amenities kit dan piyama.

Kelemahan lain dari pemilihan rute Jakarta – Singapore – Hong Kong adalah kita perlu satu malam menginap di Singapore.

Kesimpulan

Untuk rute Jakarta - Singapore – Hong Kong, saya lebih cenderung untuk mencoba kabin kelas bisnis, dengan pertimbangan miles dan tax lebih murah dan mendapatkan pengalaman yang hampir sama dengan rute jarak jauhnya.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba kabin terbaru Singapore Airlines A380?

6 komentar:

  1. pak untuk rute cgk - sin - hkg atau sebaliknya. jika bisa dapat saver award, apakah worth it ambil first/suites, atau hanya business class aja? .. once in a lifetime experience dan utk spend mileage yg expired per august :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk miles yg expired August sy cenderung ke business class kabin terbaru di A380, karena utk suite class kabin terbaru saver awards dapat di peroleh dg standard awards.

      kalo miles cukup, termurah untuk suite class ke rute BOM (Mumbai) dapat amenities, pajamas ke HKG tidak dapat amenites, pajamas

      Hapus
  2. tapi kalau ambil standard awards, cost miles nya hampir twice kan pak? buat berdua sih pasti waitlist, tapi kalo sendiri masih ada opsi untuk Oct 18, which is better time to HKG.

    hm kalo ke mumbai masih blm terlalu interested pak.

    lagi prefer ke BKK/TPE/ and jepang HND/NRT :) blm ada yang a380 ya pak ke rute situ? sudah cek manual, BKK/TPE masih use A330-300 , HND use 777-300ER

    btw pak jika kita ada miles 60,000
    dan kita mau pakai di bulan tertentu (lets say oct 18), sedangkan 20,000 sudah mau expired di august 18,
    misalkan kita pakai 40,000 di june 18. apakah itu menghabiskan miles yang akan expired terlebih dahulu? ataukah harus spend total miles available di account?

    pls advise ya pak. maklum newbie bngt di dunia miles, n gk sengaja ketemu web bapak yang sangat mencerahkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru reply

      Saya sendiri sudah pernah mencoba suite versi lama ke HKG, kalo kebelet ingin coba gpp, IMO kurang lama flight time nya dan pengalaman yg di dapat kurang lengkap.

      Tokyo dulu ada A380 tp sekarang di downgrade, coba search di peak season
      New Zealand juga di layani A380 hanya saat peak season

      redeem 40k di june 18? yg akan di pakai 20k lama+20k baru

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus