Jumat, 01 Desember 2017

First Class For The First Time : Introduction

First Class For The First Time : Introduction
First Class For The First Time : The Process 
Review: Aerofans Inn Soekarno Hatta
Soekarno Hatta Airport Ground Experience 
Premier Lounge Soekarno Hatta Review
Pura Indah Lounge Soekarno Hatta Review
Esplanade Lounge Soekarno Hatta Review
Singapore Airlines Jakarta - Singapore First Class Review
 

Beberapa postingan untuk seri ini sudah pernah saya tuliskan melalui Kompasiana, dan semoga saja nanti seri ini dapat saya tamatkan kisahnya. Perjalanan ini setahun sebelum First Class khilaf dari Garuda Indonesia dan biaya untuk perjalanan ini juga merupakan uang dari kantong saya pribadi. Mari kita mulai perjalanannya

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” ― Andrea Hirata

Melihat, mendengar dan merasakan pengalaman naik pesawat di first class merupakan kenginan terpendam saya sejak lama. Sebagai informasi first class merupakan kelas paling tinggi untuk sebuah penerbangan. Hanya saja harga tiketnya yang sangat mahal untuk ukuran kantong saya menjadikan mimpi tersebut terpendam lama dan kemudian menjadi angan-angan belaka.

Sampai di suatu hari ketika sedang berselancar di sebuah forum internet saya melihat sebuah thread yang membahas tentang tips dan tricks frequent flyer, sejak itu mimpi saya naik pesawat first class kembali menghampiri dan kini waktunya bangun untuk mewujudkannya. Akhirnya setelah berjuang mengumpulkan miles demi miles kurang lebih satu setengah tahun, Alhamdulillah mimpi itu menjadi nyata! First class dengan biaya yang sangat terjangkau kantong saya.

Untuk pengalaman pertama dg first class ini saya sengaja memilih tanggal keberangkatan pada hari ulang tahun saya dan memilih suite class Singapore Airlines (SQ) yang legendaris dan merupakan pemenang kedua World's Best First Class Airlines 2015 versi SkyTrax, setelah memilah dan memilih akhirnya saya memutuskan untuk mengambil rute Jakarta – Hongkong – Manila – Jogjakarta.

Singapore Airlines Suites Class Cabin  sumber: nextshark.com
Rute Jakarta – Hongkong merupakan rute yang di layani oleh first class Singapore Airlines dan tersedia untuk penukaran saver awards (baca: murah). Rute ini juga memungkinkan saya untuk mencoba First dan Suite Class SQ sekaligus. Rute suite class Singapura – Hongkong merupakan rute dengan ketersediaan kursi awards, kursi yang dapat di tukar dengan miles, paling banyak. Rute suite class lain untuk tanggal ulang tahun saya masih di status waitlist alias masih harus dag dig dug untuk menunggu kursi tersebut dapat di tukar dengan miles. Rute ini juga memungkinkan saya untuk mencoba The Private Room, lounge ekslusif untuk penumpang first class Singapore Airlines.

Rute Jakarta Singapura first class di jual oleh Singapore Airlines seharga Rp 15,313,100

Harga rute Jakarta Singapura dengan Singapore Airlines First Class
Rute Singapura Hong Kong suite class di jual oleh Singapore Airlines seharga Sgd 2758.50



Kemudian untuk rute pulangnya saya mempunyai dua pilihan Hongkong – Bangkok atau Hongkong – Manila, semua dengan Cathay Pacific (CX) first class, yang merupakan pemenang keempat World's Best First Class Airlines 2015. Selain itu alasan lain saya memilih Cathay Pacific first class adalah mereka mempunyai 2 lounge ekslusif di bandara Hong Kong yang mendapatkan banyak rekomendasi bagus dari para blogger jadi saya ingin mencicipi pengalaman melihat dan merasakan lounge milik Cathay Pacific tersebut. Akhirnya saya memilih rute Hongkong – Manila, meski rute ini hanya berdurasi sekitar 2 jam masih layak di coba karena untuk penerbangan selanjutnya ke Jogja saya hanya perlu membayar biaya tambahan sangat murah. Selain itu juga rute ini memungkinkan saya untuk mencoba Silverkris lounge Manila yang baru saja di buka kembali pada bulan Juli 2015.
(Tambahan: Saat itu SQ masih mengenakan fuel surcharge, dan baru di hapuskan di tahun ini)

Cathay Pacific First Class Cabin sumber: nextshark.com
Rute Hong Kong Manila first class di jual oleh Cathay Pacific seharga Hkd 8170

Harga rute Hong Kong Manila Cathay Pacific First Class
Dari Manila ke Jogja saya memutuskan untuk menggunakan kembali Singapore Airlines hanya saja di kelas bisnis. Kelas bisnis SQ merupakan pemenang pertama World's Best Business Class Airlines 2015 versi SkyTrax. Rute Singapura – Jogja sendiri di layani oleh Silk Air yang merupakan anak perusahaan SQ.

Singapore Airlines Business Class Cabin sumber:nextshark.com
Rute Manila Singapura kelas bisnis di jual oleh Singapore Airlines seharga Usd 949.75

Harga rute Manila Singapura dg Singapore Airlines Business Class
Silk Air Business Class Cabin/nextshark.com
Rute Singapura Joga kelas bisnis di jual oleh Silk Air seharga Sgd 1021.3

Harga rute Singapura Jogja dengan Silk Air Business Class
Jadi tiket pesawat (saja) untuk merayakan ulang tahun saya seharga 80 jutaan. Tapi tentu saja saya tidak mengeluarkan uang sebanyak itu. Untuk kamu yang penasaran di posting berikutnya akan saya menuliskan lebih detail langkah dan biaya yang saya keluarkan untuk mewujudkan mimpi saya ini menjadi nyata.

Adakah kamu yang juga merayakan ulang tahun dengan cara traveling ke sebuah daerah / negara?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar