Selasa, 19 Desember 2017

First Class For The First Time : The Process

First Class For The First Time : Introduction
First Class For The First Time : The Process
Review: Aerofans Inn Soekarno Hatta
Soekarno Hatta Airport Ground Experience
Premier Lounge Soekarno Hatta Review
Pura Indah Lounge Soekarno Hatta Review
Esplanade Lounge Soekarno Hatta Review
Singapore Airlines Jakarta - Singapore First Class Review


“People don’t want to be millionaires — they want to experience what they believe only millions can buy.” – Tim Ferriss

Setelah belajar dari thread tips dan tricks frequent flyer dari sebuah forum, saya kemudian mulai untuk apply beberapa kartu kredit yang memberikan welcome bonus miles cukup besar dan juga program promo yang dapat di tukar dengan miles frequent flyer. Kemudian saya tukarkan poin dari kartu kredit saya tersebut ke miles Krisflyer. Saya menguras semua poin dari kartu kredit bank Danamon dan bank Standard Chartered untuk di tukarkan menjadi 44, 215 Krisflyer miles dan prosesnya memerlukan waktu 1-4 hari kerja.

Miles Krisflyer hasil tukar poin kartu kredit
Kemudian itu saya mencari rute suite class yang tersedia untuk di tukarkan dengan Krisflyer miles yang saya punyai di tanggal yang saya inginkan. Setelah memilah akhirnya saya memutuskan untuk memilih rute Jakarta – Singapura – Hong Kong dengan Singapore Airlines first dan suite class. Karena hanya rute tersebut yang tersedia di tanggal yang saya inginkan, sedangkan rute lain masih waitlist atau menunggu untuk di buka ketersediaan kursinya oleh Singapore Airlines.

Untuk online booking kita mendapatkan diskon 15% miles, sehingga Saya untuk rute Jakarta – Hong Kong perlu menukarkan 31,875 miles dan Rp. 1,019,000. Rute ini juga membuat saya mendapatkan Changi voucher senilai Sgd 40 untuk di belanjakan di Bandara Changi. Selain itu saya juga memesan kursi di dekat jendela dan makanan selama perjalanan. Untuk makanan Jakarta – Singapura saya memesan Moslem meal dan untuk Singapura – Hong Kong saya memesan Boston lobster thermidor melalui fasilitas book the cook. (Tambahan: diskon 15% ini sekarang sudah di hilangkan, utk rute dengan kelas yang sama saat ini membutuhkan 37,500 KrisFlyer miles dan Rp 210,400)

Tiket Jakarta - Hong Kong First dan Suite Class Confirmed
Setelah rute Jakarta – Hong Kong di sukses di amankan, kemudian saya menghubungi lapak tiket promo langganan saya di Instagram untuk memesan tiket AirAsia Jogja - Jakarta PP seharga  Rp 399 ribu.

Untuk rute pulangnya saya akhirnya memutuskan untuk mencoba Cathay Pacific dengan menukar Asia Miles. Pada saat saya selesai membeli tiket Jakarta – Hongkong saldo Asia Miles saya masih 0 jadi saya perlu menukar poin kartu kredit saya terlebih dahulu, dan ternyata penukaran untuk bank HSBC memerlukan waktu 12 hari kerja!

Poin Asia Miles hasil tukar rewards kartu kredit

Saya ada dua pilihan untuk jalan pulang, Hong Kong – Bangkok – Singapura – Jogja atau Hong Kong – Manila – Singapura – Jogja. Kedua pilihan ini memerlukan miles yang sama 30 ribu Asia Miles dan 17 ribu Krisflyer Miles. Untuk rute Hongkong – Manila saya perlu mengeluarkan biaya tambahan HKD 170 (Rp 303,435 ) sedangkan Manila – Jogja saya perlu membayar biaya tambahan Usd 15,88 (Rp 220,259) di bandingkan dengan via Bangkok yang perlu membayar biaya tambahan Rp 1,6 juta an

Krisflyer miles saya ternyata masih kurang untuk di tukar dengan kelas bisnis rute Manila – Jogja via Singapura. Sehingga saya menukarkan poin lagi dari bank HSBC dan ini juga memerlukan waktu 12 hari kerja!

Setelah semua miles cukup saya memastikan masih ada kursi yang tersedia untuk di tukar di kedua maskapai di tanggal yang saya inginkan. Saya order pertama adalah di Asia Miles, dan ini sampai 4 kali gagal order dengan 2 kartu kredit visa dan mastercard dari 2 bank yang berbeda! Saya telp call center bank dan mereka bilang tidak ada masalah dengan kartu kredit saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengirimkan email, dan ini ternyata beberapa hari baru ada balasan. Yang kedua saya mengirimkan pesan ke akun facebook fan page Asia Miles dan Cathay Pacific, cara kedua ini lebih cepat responnya tidak sampai 3 jam.

Akhirnya saya sukses menukarkan Asia Miles setelah saya coba coba mengklik link yang berbeda dari yang pertama. Untuk rute ini saya perlu menukarkan 30 ribu Asia Miles dan Hkd 170 (Rp 303,435) Untuk rute ini sudah tidak tersedia kursi di window seat sehingga saya memesan kursi di bagian belakang dan untuk makanan saya memesan Moslem meal.

Tiket First Class Hong Kong - Manila Confirmed
Selanjutnya adalah saya redeem kursi bisnis untuk penerbangan Manila – Jogja, prosesnya sama dengan penerbangan Jakarta – Hong Kong. Untuk rute Manila – Jogja saya menukar 17 ribu KF miles dan hanya perlu membayar pajak sebesar Usd 15,88 (Rp 220,259) saja! Dan rute ini juga memberikan saya Changi voucher sebesar Sgd 20. Untuk kursi saya tetap memilih window seat dan makanan juga Moslem meal.

Tiket Business Class Manila - Jogja Confirmed
Resiko dari pemilihan rute ini adalah rute Air Asia Jakarta -  Jogja saya biarkan hangus.
Jadi biaya yang saya keluarkan untuk tiket pesawat adalah:

Jakarta – Hong Kong Rp. 1,019,000
Jogja – Jakarta PP Rp 399,000
Hong Kong – Manila Rp 303,435
Manila – Jogja Rp 220,259

Di kurangi Changi voucher Sgd 60 = Rp 579,000

Maka TOTAL biaya adalah Rp 1,362,694 untuk tiket pesawat first dan business class seharga asli 80 juta rupiah, 98% DISKON!!!

Adakah kamu juga pernah naik pesawat dengan menukarkan miles frequent flyer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar