Kamis, 28 Desember 2017

Esplanade Lounge Soekarno Hatta Review

First Class For The First Time : Introduction
First Class For The First Time : The Process
Review: Aerofans Inn Soekarno Hatta
Soekarno Hatta Airport Ground Experience
Premier Lounge Soekarno Hatta Review
Pura Indah Lounge Soekarno Hatta Review
Esplanade Lounge Soekarno Hatta Review
Singapore Airlines Jakarta - Singapore First Class Review


Tampak depan Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Esplanade Lounge ini khusus untuk penumpang Singapore Airlines business class, first class dan PPS (anggota elite dari Krisflyer, frequent flyer nya Singapore Airlines). Nama lounge ini juga sangat Singapura “Esplanade” yang merupakan salah satu icon negara tersebut. Jadi secara tidak langsung lounge ini merupakan lounge Singapura di Bandara Soekarno Hatta. Letak lounge ini berhadapan dengan Premier Lounge dan  kedua lounge ini mempunyai pengelola yang sama. Saya heran kenapa Singapore Airlines tidak membranding loungenya di Indonesia dengan nama SilverKris seperti lounge SQ di banyak negara lainnya.

Sayup-sayup terdengar alunan musik sunda ketika saya memasuki lounge ini, saya pikir musik ini berasal dari speaker seperti yang biasa kita dengar dari restoran Sunda, ternyata setelah melewati resepsionis alunan musik tersebut LIVE! Di mainkan oleh 2 orang pemusik yang duduk di pojokan lounge sambil memainkan kecapi dan seruling.

Lorong masuk dan pemain musik tradisional di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Variasi makanan di sini juga tidak terlalu banyak, saya yang mendengar alunan musik sunda padahal sudah berharap ada ikan gurami lengkap dengan sambel di dalam menunya. Esplanade lounge menggunakan Dilmah sebagai teh celupnya.

Variasi makanan di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Salad bar dan variasi minuman di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Bedanya dengan Premier Lounge dan Pura Indah di sini ada pelayan yang menanyakan apakah kita ingin memesan sesuatu, pengunjung tinggal duduk manis dan akan di ambilkan dan di antar oleh mereka.

Di Esplanade lounge terbagi menjadi dua ruangan, business class dan first class. Pagi itu masih sepi hanya ada beberapa orang di ruang first class tapi ketika medekati waktu pesawat saya boarding ada banyak penumpang yang masuk ke ruang first class dan herannya ketika naik pesawat mereka melewati jalur ekonomi. Saya ragu apakah ruangan first class ini hanya khusus untuk penumpang first class Singapore Airlines.

Seating area di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Di pojokan ruang juga ada beberapa pc. Majalah dan koran untuk bahan bacaan pengunjung juga cukup banyak. Wifi juga tersedia di sini. Esplanade lounge juga menyediakan smoking room buat para ahli hisap.

Workstation dan bahan bacaan di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Shower room di lounge ini terletak terpisah dengan ruangan toilet. Esplanade hanya menyediakan satu ruang untuk buang air besar, berbeda dengan Premier dan Pura Indah yang menyediakan beberapa ruang untuk menunaikan hajat.

Toilet dan shower room di Esplanade Lounge Soekarno Hatta
Sama seperti di kedua lounge sebelumnya di sini saya hanya makan kue dan minum jus. Saya memang sengaja tidak makan makanan berat di ketiga lounge yang saya kunjungi karena untuk persiapan menyanyap makanan di atas pesawat. 10 menit sebelum waktu boarding saya menggendong ransel saya meninggalkan lounge ini menuju gate D1 yang hanya berjarak 5 menit jalan kaki dari Esplanade lounge.
                                           
KESIMPULAN

Overall masih banyak yang perlu di tingkatkan di Esplanade lounge, variasi makanan dan juga interior yang masih terkesan biasa saja tidak mencerminkan lounge yang istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar