Minggu, 27 November 2016

Garuda Indonesia TIDAK Nasionalis?

Garuda Indonesia sebagai maskapai kebanggan Indonesia ternyata menerapkan harga yang jauh lebih mahal jika kita membeli tiket dengan cara redeem Garuda Miles (nama baru dari Garuda Frequent Flyer) di bandingkan kita redeem seat Garuda Indonesia melalui frequent flyer program maskapai asing, dalam hal ini adalah Flying Blue.

Flying Blue sendiri merupakan frequent flyer program dari maskapai KLM (Belanda) dan Air France (Perancis). KLM dan Air France merupakan anggota dari aliansi Sky Team bersama dengan Garuda Indonesia. Untuk warga negara Indonesia cara mendapatkan miles di Flying Blue dapat melalui penerbangan dengan Garuda Indonesia, KLM, Air France dan anggota Sky Team lainnya atau melalui kartu kredit Citibank Premier Miles.

Tidak perlu berlama-lama mari kita lihat pertarungannya melalui data-data di bawah, untuk tanggal saya menggunakan tanggal 24 Desember 2016 yang termasuk tanggal peak season. Kondisi normal tanpa promo diskon miles.

Ronde Pertama

Penerbangan langsung domestik jarak pendek Jakarta - Jogja. Jaraknya sekitar 456 km dan di tempuh dalam waktu 1 jam 10 menit)



Garuda Miles memerlukan 12 ribu miles


Flying Blue memerlukan 10 ribu miles


PEMENANG: Flying Blue menang tipis

Ronde Kedua

Penerbangan langsung domestik menengah-panjang Jakarta - Jayapura. Jaraknya sekitar 3,778 km dan di tempuh dalam waktu 5 jam 25 menit)



Garuda Miles memerlukan 34 ribu miles


Flying Blue tetap memerlukan 10 ribu miles



PEMENANG: Flying Blue menang telak

Kesimpulan

Untuk penerbangan jarak dekat ketimbang redeem Garuda Miles mending beli tiketnya, atau redeem Flying Blue. Sedangkan untuk penerbangan jarak menengah - jauh, jelas redeem miles dari Flying Blue.

Saya sendiri juga tidak mengerti alasan di balik strategi harga mahal yang di terapkan oleh Garuda Indonesia untuk redeem miles Garuda Indonesia. Untuk rute ke luar negeri masih okelah jika lebih mahal tapi untuk rute domestik yang seharusnya Garuda Indonesia menjadi raja?

Apakah kamu akan tetap setia dengan Garuda Miles meski mempunyai tarif redeem miles yang jauh lebih mahal?


1 komentar: